' Masa Depan Petani Garam Desa Tanjakan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Masa Depan Petani Garam Desa Tanjakan

Masa Depan Petani Garam Desa Tanjakan

Written By dodi on Monday, June 4, 2012 | 2:30 PM

INDRAMAYU (LJ) – Para petani pemilik lahan garam yang melibatkan kurang lebih 400 buruh tani garam di Desa Tanjakan, Blok Panggangjero yang tersebar di 4 RT (RT 15 sampai RT 19) RW 04 Kecamatan Krangkeng – Kabupaten Indramayu, bisa memproduksi dua ton garam setiap harinya, sepanjang bulan Agustus sampai bulan Nopember.
 
Petani garam yang hanya bisa berproduksi pada musim tertentu ini telah berlangsung lama. Namun keberadaannya tetap selalu ditunggu masyarakat. Sebab sebagian besar dari warga selain hidup bekerja serabutan juga tetap memprioritaskan pekerjaan sampingannya sebagai buruh tani garam.

Sakun (35), Ketua Kelompok Tani Garam Desa Tanjakan yang ditemui LINGKAR JABAR di kediamannya, Minggu (3/5), menuturkan kalau selama ini warga masyarakat setempat selalu menunggu kedatangan musim produksi garam. “Karena selain bekerja serabutan mereka juga tetap memprioritaskan usaha sebagai buruh tani garam,” tutur Sakun.

Menurut Sakun, garam-garam hasil produksi Desa Tanjakan selalu ditunggu para pembeli yang berasal kota besar seperti Jakarta, Cirebon dan Bandung. "Jadi walau pun produksinya hanya 4 bulan dalam satu tahun namun hasilnya pasti," lanjut Sakun, yang juga Ketua Kelompok tanigaram membawahi 12 kelompok tani seperti, Mulya 1 dan 2, Cempaka, Kemuning, Sari Asin, Melati, Kepiting, Klep, Ketapang Indah, Sri Mulya dan Anggrek.

“Ya, jadi selama ini setiap petani pemilik lahan bisa mempekerjakan 20 sampai 60 orang buruh tani dengan upah yang mereka terima setiap harinya berkisar antara 35 – 50 ribu rupiah,” papar Sakun.

Seperti Kaying (62) warga Gang Tumaritis RT 16, RW 04 Blok Panggajero, Desa Tanjakan salah seorang buruh tani garam yang telah bekerja puluhan tahun ini menuturkan, bahwa hasil yang dia terima selama ini hanya cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.(ACP)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger