' Masa Depan Olahraga Layar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Masa Depan Olahraga Layar

Masa Depan Olahraga Layar

Written By dodi on Tuesday, June 26, 2012 | 12:31 PM

INDONESIA masih minim kejuaraan olahraga layar. Tak hanya itu pembinaan olahraga yang menentang gelombang besar lautan ini juga masih belum merata di seluruh Indonesia karena belum masuk prioritas. Masa depannya juga jadi PR tersindiri ?

"Olahraga layar ini belum masuk skala prioritas, hanya di beberapa daerah tertentu yang didukung pemerintah daerahnya misalnya Jakarta," kata Ketua Bidang Wasit Pengurus Besar Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (PB PORLASI), Humphry Sinyal, belum lama ini di sela-sela turnamen "Krakatau Steel Open Regatta".

Menurut Humphry, kejuaraan olahraga layar yang digelar di Indonesia belum banyak karena membutuhkan biaya yang cukup besar. Bahkan kapal untuk olahraga layar paling murah berharga sekitar Rp 60 juta, belum lagi penggunaan bensin rata-rata 25 liter perhari.

Hal itu juga yang menyebabkan olahraga layar masih dianggap sebagai cabang olahraga untuk kalangan tertentu. "Rata-rata para atlet mencari sponsor sendiri dari perusahaan atau pemerintah daerah, biaya sendiri atau ikut klub. Yang membuat miris, pemerintah melihat cabang olahraga disamaratakan untuk pembagian anggaran, tidak melihat kebutuhannya. Padahal olahraga ini kan mahal," katanya.

Sebagai negara bahari yang memiliki wilayah laut terluas di wilayah Asia Tenggara, prestasi olahraga layar Indonesia masih kalah dengan Thailand, Singapura, dan Malaysia. "Kalau perhatian dari masyarakat dan pemerintah bisa lebih dari sekarang, saya optimis kita berpotensi menjadi juara dunia," sebutnya.

Pada turnamen ""Krakatau Steel Open Regatta" yang digelar di Anyer, Banten, DKI Jakarta mendominasi perolehan mendali emas. Sebanyak tujuh atlet layar DKI Jakarta keluar sebagai yang terbaik dalam 11 kelas dari tujuh nomor lomba yang dipertandingkan.RED

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger