' Makna Sabar dan Syukur - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Makna Sabar dan Syukur

Makna Sabar dan Syukur

Written By dodi on Friday, June 1, 2012 | 2:30 PM

Kehidupan itu adalah suatu harapan,dan rangkaian irama amal yang mengantarkan seseorang pada tujuan hidup,Harapan-harapan itu seharusnya seirama dan mendukung pencapaian tujuan hidup seseorang , namun kenyataan banyak harapan dan tujuan hidup itu tidak saling mendukung sehingga kehidupan berujung pada kekecewaan. Dalam Islam ada rangkaian kata yang begitu indah, yaitu Sabar dan Syukur yang saling terkait dalam membangun realita kehidupan. Ahli Surga itu sendiri merupakan rangkaian akumulasi amal kita dalam membangun rasa sabar dan syukur ,inilah salah satu kunci ahli surga yang patut kita bina, Sebagai orang yang beriman dan telah menjadikan Islam sebagai pegangan hidup dan tuntunan hidup, tentunya sabar dijadikan salah satu tuntunan akhlaq yang harus dilaksanakan dalam kehidupan ini.
Allah Subhanahu wa Ta’ala Berfirman : “Dan siapa saja yang sabar dan mema’afkan, maka itu termasuk amal yang sangat baik” (QS. Asy-Syuraa: 43).
“Pergunakanlah untuk mencapai tujuanmu kesabaran dan shalat. Sesungguhnya ALLAH selalu membantu orang-orang yang sabar” (QS. Al-Baqarah: 153).
Menurut Syekh Al Hakim At Tirmidzi”Yang dimaksud dengan syukur adalah menyadari Karunia yang Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan pada dirinya,sedangkan yang dimaksud dengan sabar adalah tetap dalam kedudukannya bersama Rabb-Nya,Sementara itu dilihat dari segi bahasa,Syukur adalah terbukanya qalbu hingga karunia Rabb tampak padamu.Di dadamu,Karunia Allah Subhanahu wa Ta’ala selalu terlihat pada sesuatu yang DIA berikan padamu. Diriwayatkan dari Hasan Al Basri bahwa Nabi Musa Alaihi Salam bertanya .”Tuhan,bagaimana cara Adam bersyukur kepada-MU?”Tuhan menjawab,”Dia mengetahui hal itu bersumber dari-KU,itulah bentuk syukurnya.”
Dari Suhaib Radhiyallahu Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda,  “Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu’min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya.” (HR. Muslim)
Hadits diatas memiliki makna yang luas sekaligus memberikan definisi mengenai sifat dan karakter orang yang beriman. Setiap orang yang beriman digambarkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam’ sebagai orang yang memiliki pesona, yang digambarkan dengan istilah ‘ajaban’. Karena sifat dan karakter ini akan mempesona siapa saja.
Kesabaran merupakan salah satu ciri mendasar orang yang bertaqwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala . Bahkan sebagian ulama mengatakan bahwa kesabaran merupakan setengahnya keimanan.
bersambung...
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger