' Lomba Egrang Jalin Silaturahmi Antar OPD - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Lomba Egrang Jalin Silaturahmi Antar OPD

Lomba Egrang Jalin Silaturahmi Antar OPD

Written By dodi on Thursday, June 21, 2012 | 12:52 PM

KAB.PURWAKARTA (LJ) - Untuk melestarikan permainan tradisional Jawa Barat, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Purwakarta, menggelar lomba Egrang antar lembaga di lingkungan Pemkab Purwakarta. Kegiatan yang digelar tersebut, dihadiri Bupati Purwakarta, H. Dedi Mulyadi, merupakan rangkaian dari kegiatan Hari Jadi Purwakarta (HJP) ke 181.

“Selain dalam rangkaian hari jadi Purwakarta, lomba egrang antar OPD juga untuk mempererat tali silaturahmi antar pegawai,” kata Jaya Pranolo, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas dan protocol Pemkab Purwakarta kepada LINGKAR JABAR, disela-sela kegiatan lomba yang dipusatkan di areal taman wisata Situ Buleud, Rabu (20/6) kemarin.

Dikatakan Jaya, rangkaian HUT Kabupaten ke 44 dan HUT Purwakarta, ke-181, pemda menggelar lomba enggrang yang diikuti oleh setiap OPD. "Selain untuk mempererat tali silaturahmi juga meningkatkan rasa persaudaraan antar sesame pegawai. Terlebih lomba egrang juga untuk melestarikan permainan seni dan budaya tradisional," ujarnya.

Pemkab Purwakarta, kata Jaya, akan senantiasa melestarikan berbagai macam kebudayaan asli termasuk permainan tradisional. Dan Pemkab Purwakarta juga lebih cenderung memilih berbagai aktifitas sosial kemasyarakatan yang merupakan warisan kebudayaan bangsa untuk dihidupkan kembali dan dibiasakan di masyarakat, seperti lomba egrang ini.

Tambah dia, pada 30 Juni 2012 nanti, akan ada sekitar 15.000-an egrang di Purwakarta. "Ini juga merupakan bagian dari melestarikan dan membudayakan kembali agar masyarakat terutama generasi muda terbiasa dengan permainan tradisional. Bahkann untuk kedepannya, anak-anak yang jarak rumahnya dekat dengan sekolahnya, akan dibuatkan konsep satu hari untuk pergi sekolah menggunakan egrang," ungkapnya.

Itu dilakukan Pemkab Purwakarta, lanjut dia, sebagai upaya dari melestarikan dan mencintai budaya bangsa. Sebab seseorang atau bangsa lain, tidak akan berani mengambil apabila kita sendiri yang melestarikan dan mencintai budaya bangsanya sendiri. ”Sekarang marak kesenian asli Indonesia diaku oleh Negara lain,” katanya.

Sementara hasil lomba egrang antar organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut, UPTD Kecamatan Maniis berhasil menjadi juara dan mampu memecahkan rekor waktu tercepat yakni 49,53 detik. Kemudian disusul oleh UPTD Purwakarta yang berada di posisi kedua dan UPTD Plered menempati urutan ketiga. YAS
 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger