' KUA Kecamatan Widasari Persiapkan Penilaian Fisik - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » KUA Kecamatan Widasari Persiapkan Penilaian Fisik

KUA Kecamatan Widasari Persiapkan Penilaian Fisik

Written By dodi on Friday, June 15, 2012 | 5:37 PM

INDRAMAYU (LJ) – Menjelang dilakukannya penilaian fisik terhadap Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu, sejumlah pembenahan dilakukan. Hal itu terkait pemilihan calon KUA Percontohan atau KUA Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2012, yang akan dilaksanakan pada 21 Juni mendatang.

Dalam persiapannya, terlihat seluruh karyawan berikut Kepala KUA nya membenahi segala sesuatu yang berhubungan dengan sarana dan prasarana fisik kantor usuran agama dimaksud.

Sehingga kantor yang berdiri di atas tanah wakaf H Rohmah seluas 360 meter persegi, di komplek Masjid Miftahul Jannah, Blok Remis Desa Kongsijaya, kecamatan  Widasari, kini tanpak lebih asri. Bahkan indah dengan ruang-ruang pelayanannya yang tertata rapi. Tentunya membuat setiap pengunjung merasa lebih puas dan nyaman oleh pelayanan serta suasana yang diciptakan. Terlebih saat ini, gedung KUA ini juga memiliki Aula Pertemuan seluas 7 X 14 meter dengan pasilitas lengkap, ber AC dan beradaya tampung 80 orang.

Menurut Ketua KUA Widasari, H Muhadi MPdI, dari 36.258 penduduk di Kecamatan Widasari yang tersebar di 10 Desa itu, setiap harinya bisa melayani 2 peristiwa nikah. Di mana satu bulannya berkisar antara 35 – 40 peristiwa dilakukan pada siang hari. Dikatakan Muhadi penetapan pelayanan pada siang hari ini diberlakukan sejak tahun 2011 lalu.

“Memang kita masih harus terus memberikan informasi serta pemahaman kepada sebagian besar warga yang masih meyakini tradisi hitungan waktu atau jam, hari dan tanggal pernikahan. Tapi agar semuanya tidak berbenturan kita sesegera mungkin mendatangi sesepuh mereka dengan memberikan pandangan-pandangan. "Kelak semua disesuaikan jam kerja kita selaku pelayan masyarakat,” tutur Muhadi.

Sementara Kasi Urusan Agama Islam (Urais) Kementerian Agama setempat, Drs H Mahya Hasan, berharap agar kepala-kepala KUA lainnya bisa belajar pada KUA Widasari yang terus berupaya melakukan inovasi. Yakni melakukan peningkatan pelayanan maupun pembenahan administrasi serta sarana dan prasarana di lingkungan kantor tempat mereka bekerja.

“Sebab kantor urusan agama ini adalah ujung tombak Kementrian Agama Kabupaten Indramayu, jadi yang disiapkan di sini bukan hanya fisik kantornya saja tapi sumber daya manusia (SDM) yang handal dan sesuai tupoksi. Selain meningkatkan kredibilitas kepala KUA dan penghulu secara profesional guna mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat,” kata Mahya.ACP
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger