' Khasnya Batik Bogor - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Khasnya Batik Bogor

Khasnya Batik Bogor

Written By dodi on Tuesday, June 19, 2012 | 4:05 PM

KOTA BOGOR mungkin lebih terkenal dengan wisata kulinernya. Namun kota hujan ini ternyata juga memiliki khas lain yang perlu diperkenalkan lebih luas, yaitu batik. Meski belum sepopuler batik dari Solo atau Pekalongan, Batik Bogor memiliki motif yang tak kalah indah.

Usaha kerajinan ini seperti dilakoni Siwoyo, warga Kampung Neglasari RT 03/04 Kelurahan Cibuluh Kecamatan Bogor Utara. Atas dasar kecintaannya pada kota Bogor, Ia merintis batik bogor sejak tahun 2008, dengan variasi bunga daun, bunga teratai dan gerimis. Motif-motif batik Bogor terinspirasi dari peninggalan kerajaan Pakuan, benda-benda sejarah, dan kebudayaan. Salah satu motif yang terkenal adalah motif Kujang Kijang.

Kujang merupakan senjata tradisional khas Sunda, sedangkan kijang merupakan hewan yang berada di Istana Bogor. "Namun batik bogor memiliki ciri khas pada motifnya, yang berupa kelapa kijang sampai teratai," ujar Siswoyo,  saat ditemui di tempat kerajinannya membuat Batik, Senin, (19/6).

Di tempat sederhana namun menghasilkan karya luar biasa, batik tulis maupun batik cap khas Bogor di produksi di tempat ini. Tampak di dalam ruang, kegiatan para ibu dan remaja putri dengan canting mengelilingi sebuah kompor, ketekunan sangat di butuhkan dalam pengerjaan batik tulis ini.

Halaman luar tergambar kegiatan para pekerja pria dengan kesibukan persiapan media cetak, persiapan frame, pewarnaan, bahan cap, pencucian, dan perebusan. Berlembar-lembar kain Batik yang setengah jadi tampak pula terjemur di halaman.

Berjalan beberapa langkah dari ruang pencucian dan perebusan, kita dapat temukan ruang pamer, kantor dan ruang jahit, beberapa batik yang sudah siap dipasarkan terpajang rapi, jaket, blazer, kaos, bahan baju, boneka-boneka lucu berbahan dasar batik, anda bisa memilih langsung jenis barang yang anda kehendaki, dan bertransaksi langsung dengan Bapak Siswoyo, istri, anak, serta kerabat.

Perkembangan pesat dari Batik Bogor, sudah dipasarkan juga di sebuah mal di Kota Bogor dan dibudayakan sebagai pakaian seragam sekolah dan para pegawai instansi pemerintahan. Selain motifnya, kain batik Bogor ini juga memiliki ciri khas lainnya, yaitu warna kainnya.

"Warna khas batik bogor adalah ungu, tapi warna lainnya juga tetap ada," tambahnya. Meski belum banyak diketahui orang, menurutnya batik bogor sudah beredar di luar negeri, seperti Australia.ALI
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger