' Kereta Kencana Ramaikan Karnaval Budaya - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Kereta Kencana Ramaikan Karnaval Budaya

Kereta Kencana Ramaikan Karnaval Budaya

Written By dodi on Friday, June 1, 2012 | 3:00 PM

PAWAI Budaya Seba Kuwerabakti dalam rangkaian memeriahkan Hari Jadi Bogor (HJB) ke 530 yang akan digelar 2 Juni besok akan diramaikan 6 kereta kencana dan 15 ekor sumbangan dari Komunitas di Bogor. Namun rencana mendatangkan dua ekor gajah ikut dalam karnaval, batal.

Ketua Panitia BCF (Bogor Culture Festival) 2021 Seba Kuwerabakti  Bagus Karyanegara membenarkan, batalnya dua ekor gajah diikutsertakan dalam karnaval budaya dalam rangkaian memeriahkan HJB. 

“Tadinya, memang  dua ekor gajah akan didatangkan dari TSI oleh pihak sponsor, namun karena gajah-gajah tersebut akan mengisi di tempat lain pada saat yang bersamaan, maka gajah–gajah tersebut batal didatangkan,“ kata Bagus.

Meski tanpa kehadiran gajah, jelas Bagus, pawai budaya kali pertama di gelar di Kota Bogor akan tetap menarik dengan  menyuguhkan pertunjukan kolosal. “Ada 15 ekor kuda termasuk 6 kereta kencana bakal menarik perhatian pengujung dalam perhelatan akbar budaya tersebut," kata Bagus. 

Ia menjelaskan, dua agenda budaya yang disajikan kolosal meliputi Maung Padjadjaran Lugay karya Abah Dasep untuk membangkitkan semangat Padjadjaran dan Seba Kuwerabakti karya Adenan Taufik yakni tradisi kuno pemberian upeti sebagai gambaran dukungan masyarakat terhadap pemerintahan.

Pasukan ala Kerajaaan Pajajaran, secara keseluruhan tidak kurang dari 25 grup atau kelompok peserta juga akan meramaikan karnaval dan pementasan di dalam Kebun Raya Bogor (KRB). “Jadi, total keseluruhan peserta  mencapai sekitar 1.700 orang, “ jelasnya.

Mengenai rute yang akan dilalui, Bagus mengatakan,  Karnaval budaya akan dimulai (start) di Balaikota Bogor serta berakhir di pintu III KRB. Ia menambahkan perhelatan budaya  besar-besaran tersebut untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwasannya Kota Bogor merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Padjadjaran.ALI
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger