' Kepala Dishub Kab. Bandung, Sutaryo Yono “Operasi Angkum Tingkatkan PAD” - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Kepala Dishub Kab. Bandung, Sutaryo Yono “Operasi Angkum Tingkatkan PAD”

Kepala Dishub Kab. Bandung, Sutaryo Yono “Operasi Angkum Tingkatkan PAD”

Written By dodi on Thursday, June 21, 2012 | 12:24 PM

KAB.BANDUNG.(LJ)- Untuk menertibkan kelengakapan surat surat angkutan umum (Angkum) dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bandung. Dinas Perbungan (Dishub) Kabupaten Bandung menggelar operasi gabungan penertiban bersama Polres Bandung dan TNI.
    Angkum yang tidak memiliki surat-surat kelengkapan kendaraan langsung ditilang. Banyak angkum barang yang kedapatan tidak memiliki kartu pengawasan, sedangkan angkutan kota banyak yang izin trayeknya habis. "Operasi tersebut dilaksanakan di jalur Ciparay-Pacet-Majalaya, selama operasi kami berhasil menjaring 235 kendaraan, dan dijalan Rancaekek terjaring sebanyak 72 unit kendaraan,“ ujar Kepala Dishub Kabupaten Bandung, Sutaryo Yono,kepada wartawan, kemarin, di Soreang, Kabupaten Bandung.
    Menurutnya, akibat banyaknya kendaraan yang tidak melakukan uji kelaikan (uji KIR), terjadi kehilangan pendapatan asli daerah (PAD). Contohnya untuk izin trayek yang masa berlakunya 5 tahun, dari target pemasukan Rp 170 juta pada tahun 2011, hanya 50 persennya yang mengurus perizinan.
    Berdasarkan data Dishub Kabupaten Bandung, jumlah angkum sebanyak 2.401 unit yang tersebar pada 78 trayek. Namun pada tahun 2011, hanya sekitar 1.000 kendaraan yang mengurus izin trayek. Padahal biaya pengurusan daftar ulang izin trayek relatif murah hanya Rp 125.000/lima tahun.
    "Tahun 2012 ada 425 unit angkum yang izin trayeknya harus diperbaharui. Kita berharap dengan digelarnya operasi penertiban ini, seluruh angkum yang izin trayeknya habis bisa registrasi ulang. Berbeda dengan izin trayek yang harus bayar, kartu pengawasan yang dibuat satu tahun sekali mulai tahun ini digratiskan. Sebelumnya,dikenakan beban Rp 60.000/unit/tahun,” terangnya.
    Yono berharap, pemilik angkutan agar mempunyai kesadaran untuk mengurus dan melengkapi surat kendaraanya. Supaya dapat menciptakan meningkatnya PAD Kabupaten Bandung, nantinya dapat bermanfaat demi kemajuan warga masyarakat. (Fen)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger