' Kendaraan Dinas Plat Hitam Ditertibkan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Kendaraan Dinas Plat Hitam Ditertibkan

Kendaraan Dinas Plat Hitam Ditertibkan

Written By dodi on Tuesday, June 19, 2012 | 4:08 PM

KAB.PURWAKARTA (LJ) - Maraknya kendaraan dinas yang menggunakan plat nomor hitam, mendorong Pemkab Purwakarta untuk segera menertibkan masalah tersebut. Bahkan, Sekda Purwakarta untuk kedua kalinya telah menerbitkan surat edaran yang ditujukan kepada para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kabupaten Purwakarta.

“Selain surat edaran kami juga melakukan upaya lain agar kendaraan dinas tidak menggunakan plat nomor hitam,” kata Drs Irsyad Nasution AK MM, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Purwakarta kepada LINGKAR JABAR di ruang kerjanya, Senin (18/6) berkaitan dengan penertiban tersebut.

Dikatakan Irsyad Nasution, maraknya penggunaan plat nomor hitam yang digunakan oleh kendaraan dinas operasional milik Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, telah mendapat sorotan dan tanggapan dari masyarakat yang kurang baik. Sehingga, Bagian Aset daerah DPKAD berupaya agar kendaraan tersebut tetap menggunakan plat nomor dinas.

Salah satu upaya yang dilakukan DPKAD, sambung dia, pihaknya melakukan penyemprotan warna merah terhadap kendaraan yang didapati menggunakan plat nomor hitam. Upaya tersebut, sebagai langkah agar tidak ada organisasi perangkar daerah (OPD) yang menggunakan kendaraan operasional dinas memakai plat nomor hitam.

Alasan mereka menggunakan plat nomor hitam sangat klasik, kata Irsyad, namun meski dengan alasan apapun yang namanya kendaraan dinas tetap harus menggunakan plat nomor merah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bukan menggunakan plat nomor hitam. Kalau ada OPD yang ingin menggunakan plat nomor hitam, sebaiknya mengajukan permohonan ke pihak kepolisian.

Sementara surat edaran yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta, Drs Dadan Koswara Nomor 024/1359/DPKAD tentang penertiban plat nomor kendaraan dinas tertanggal 31 Mei 2012 itu, bertujuan dalam upaya tertib adminsitrasi dan penggunaan barang milik daerah terutama kendaraan dinas operasional.

Surat yang ditujukan kepada para kepala OPD tersebut isinya menekankan, agar para Kepala OPD selaku pengguna barang dapat memberikan sikap tauladan bagi masyarakat, dengan cara memanfaatkan fasilitas kendaraan dinas operasionalnya sesuai ketentuan dan peruntukannya serta tidak menggunakan plat nomor yang tidak terdaftar (hitam).

Meski tidak tertulis sanksi bagi pelanggar yang menggunakan plat nomor hitam, namun secara tegas bahwa surat edaran tersebut melarang setiap OPD menggunakan plat nomor kendaraan dinas operasional milik Pemkab Purwakarta yang berada dalam penguasaan OPD-nya dengan memasangi plat nomor yang tidak terdaftar.

Untuk diketahui, sejumlah OPD seperti di Sekretariat DPRD, Camat dan sejumlah OPD lainnya di Kabupaten Purwakarta sering menggunakan plat nomor hitam. Penggunaan plat nomor tersebut, mendapat sorotan dan berbagai tanggapan  karena tidak memberikan contoh yang baik dari aparatur pemerintah terhadap masyarakat.YAS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger