' KB Tubektomi dan Vasektomi Akan Digelar Diplumbon - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » KB Tubektomi dan Vasektomi Akan Digelar Diplumbon

KB Tubektomi dan Vasektomi Akan Digelar Diplumbon

Written By dodi on Wednesday, June 20, 2012 | 1:47 PM

KAB.CIREBON (LJ) - Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Terpusat Metoda Operasi Wanita (Tubektomi) dan Metoda Operasi Pria (vasektomi) akan segera digelar dilokasi Puskesmas Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Rencananya oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Kodim 0620 Cirebon, yang bergabung dalam momentum Bhakti TNI KB Kesehatan Terpadu.

Kepala BPPKB Kabupaten Cirebon, Sofyan, mengatakan, pelaksanaan pelayanan KB terpusat dimaksudkan antara lain untuk lebih mendekatkan pelayanan KB kepada masyarakat Kabupaten Cirebon terutama metode KB MOW dan MOP secara cuma-cuma. "Pelayanan KB cuma-cuma tersebut dalam rangka menyambut Hari Keluarga ke-19 tanggal 29 Juni 2012 mendatang, yang diikuti sekitar 202 calon peserta MOW dan MOP," ungkap Sofyan kepada LINGKAR JABAR, Selasa (19/6).

Dia mengatakan, minat para Pasangan Usia Subur (PUS) diwilayah Kabupaten Cirebon terhadap kontrasepsi MOW masih relatif cukup tinggi, sehingga setiap tahun terus djadikan agenda tahunan. Rencana pada tahun 2012 nanti, akan dilakukan pelayanan terpusat serupa tidak kurang dari empat kali.

Lanjut dia, MOW dan MOP termasuk dalam alat kontrasepsi mantap (Kontap), sehingga PUS yang hendak mengikuti cara KB tersebut, akan diikuti Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) konseling yang intens.

"Untuk para peserta KB MOW terdiri dari sukarela, isteri tidak sedang hamil, kondisi ibu dalam keadaan sehat, usia ibu dibawah 40 tahun, telah memiliki anak lebih dari 2 orang dan usia anak terkecil minimal 5 tahun, mendapat persetujuan dari suami," ucapnya.

Dia menambahkan, untuk peserta KB MOP yang harus diikuti yaitu sukarela, bapak dalam keadaan sehat, memiliki anak minimal 2 dan usia anak terkecil minimal 5 tahun, mendapat persetujuan dari isteri. Kepada para keluarga yang berminat agar menghubungi penyuluh KB di desa atau kelurahan masing-masing atau dapat menghubungi Pos KB atau Sub Pos KB atau Kader KB terdekat.

"Semakin banyaknya peserta KB MOW dan MOP akan memberikan kontribusi terhadap penurunan angka kelahiran total sehingga berdampak pada pencapaian penduduk tumbuh seimbang," imbuhnya. (GYO/APP/WAS/ C12)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger