' Kayuringin Jaya Budayakan Gotong Royong dan Bersih Lingkungan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Kayuringin Jaya Budayakan Gotong Royong dan Bersih Lingkungan

Kayuringin Jaya Budayakan Gotong Royong dan Bersih Lingkungan

Written By dodi on Friday, June 15, 2012 | 5:59 PM

KOTA BEKASI (LJ) – Walaupun Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi gagal mempertahankan piala Adipura dan mendapatkan penilaian kota metropolitan terkotor se-Indonesia dari Kementerian Lingkungan Hidup, namun tidak menyurutkan semangat bersih-bersih lingkungan di Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan. Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap Selasa dan Kamis oleh pegawai Kelurahan Kayuringin Jaya, perlu mendapat apreasiasi yang setinggi-tingginya.

“Kami hanya melanjutkan program pemerintah daerah. Selain itu, Gerakan bersih lingkungan yang rutin kami lakukan, bertujuan untuk memunculkan dan menanamkan kembali nilai-nilai gotong royong di tengah masyarakat yang makin hari makin pudar,” ujar Lurah Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Herawan kepada LINGKAR JABAR, Kamis (14/6).

Menurut Herawan, perilaku hidup bersih dan sehat harus terus disosialisasikan dan dicontohkan kepada masyarakat luas. Dengan begitu, budaya gotong royong dan lingkungan yang bersih pada masyarakat dapat ditingkatkan. “Kalau budaya gotong royong dan hidup bersih sudah tercipta, tidak mustahil piala Adipura dapat kita miliki kembali,” paparnya.

Piala Adipura, kata Herawan, merupakan wujud dari peran aktif masyarakat dalam hal menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. “Pencapaian Piala Adipura tentunya akan berdampak pada kesehatan masyarakat. Untuk itu, masyarakat harus dapat berperan aktif menjaga kebersihan lingkungannya,” jelas Herawan.

Bila masyarakat sudah terbiasa berperilaku hidup sehat, bersih dan membudayakan jaga kebersihan lingkungan, lanjutnya, maka masyarakat dapat terhindar dari penyakit yang bersumber dari lingkungan. “Perilaku hidup sehat dan bersih merupakan daya dukung menekan penyakit berbasis lingkungan,” sebutnya sembari mengatakan penyakit yang berbasis lingkungan itu seperti Diare, Alergi dan penyakit kulit.

Dia meyakini dengan kebiasaan masyarakat menjaga kebersihan dan berperilaku sehari-hari dengan hidup bersih dan sehat, maka dengan sendirinya penyebaran penyakit berbasis lingkungan akan berkurang, dan masyarakat yang menderita penyakit berbasis lingkungan diyakininya ke depan akan semakin minim. “Makanya paial Adipura ini merupakan motivasi bagi kita untuk menjadikannya sebagai satu daya dukung menekan penyakit berbasis lingkungan itu,” tegasnya. ARS
 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger