' Kades Dituntut Mengerti Kebutuhan Masyarakat - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Kades Dituntut Mengerti Kebutuhan Masyarakat

Kades Dituntut Mengerti Kebutuhan Masyarakat

Written By dodi on Saturday, June 2, 2012 | 2:40 PM

KAB. BANDUNG (LJ)- Sebagai ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan, Kepala Desa (Kades) dituntut untuk mengerti apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan masyarakat. "Yang lebih penting lagi, kades harus mampu membuat perencanaan yang matang, sehingga agenda pembangunan berjalan efisien dan efektif," jelas Kepala Desa Margaasih Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung, Iyep Jamaludin, Kepada LINGKAR JABAR, kemarin.
    Dia mengatakan, kades harus mampu merumuskan perencanaan yag baik, mengetahui persoalan dan apa yang diinginkan serta dibutuhkan masyarakat sehingga agenda pembangunan lebih efektif dan tepat sasaran. Perencanaan yang baik akan mendukung tercapainya visi dan misi desa yang telah dibuat.
    Kepala desa tidak hanya dituntut untuk memiliki visi dan misi saja. Tapi juga dituntut untuk mampu membuat perencanaan yang matang untuk menjalankan roda pemerintahan.
    Menurutnya, dirinya memiliki komitmen yang kuat membangun desa. Bahkan program yang disusunnya mempunyai moto membangun desa. "Oleh karena kita harus berjuang sungguh-sungguh memperjuangkan nasib desanya di tingkat Kecamatan dan Kabupaten, Hal ini tentunya juga harus menjadi komitmen semua pihak dan elemen masyarakat,ucap Iyep Jamaludin.
    Seraya menambahkan,seorang Kepala Desa untuk tidak membuat peraturan secara sembarang yang bertentangan dengan hukum yang lebih tinggi. "Kami pun buat peraturan untuk kemakmuran desa namun jangan buat yang bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi,”ujarnya
    Kades Iyep mengungkapkan, jabatan itu adalah sebuah amanah, dimana konskuensinya adalah surga jika jabatan itu dipergunakan untuk kepentingan orang banyak. "Karena jabatan itu adalah amanah, makanya saya akan menjadikan jabatan itu untuk melayani masyarakat dan untuk kebaikan,"tegasnya.
    Iyep mengaku siap memberikan yang terbaik untuk desa dan masyarakatnya. Termasuk mensukseskan berbagai agenda pemerintah dalam hal pembangunan."Amanah ini jelas cukup berat. Namun dengan dukungan semua pihak saya siap bekerja, mendedikasikan waktu, tenaga dan fikiran untuk masyarakat dan desa demi kemajuan dan kesejahteraan masyarkat,"imbuhnya. (FEN/GUS)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger