' Jualan Batik Dermayon - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Jualan Batik Dermayon

Jualan Batik Dermayon

Written By dodi on Friday, June 22, 2012 | 3:17 PM

BANDUNG - Hari batik nasional dan pola membudayakan batik di Indonesia kian berdanpak positif. Terutama bagi para pengerajin dan pengusaha batik. Bahkan motif batik tulis Kabupaten Indramayu kembali menggeliat. Mengangkat motif-motif tradisional yang selama ini mulai ditinggalkan.

Kekayaan motif batik tulis Kabupaten Indramayu lebih banyak mengangkat kondisi sosial pada masa penjajahan Belanda dan Jepang serta masa sulit yang dialami masyarakat pesisir.

“Kekayaan batik tulis Indramayu sebenarnya pernah diakui oleh kolektor luar negeri terutama Jepang dan Belanda. Tapi karena terpengaruh batik Cirebon (Trusmi) dan Pekalongan akhirnya pengrajin secara perlahan meninggalkan batik khas Dermayon. Kini pengerajin mulai kembali membuat batik dengan motif khas Dermayon karena sejumlah kolektor kembali melirik,” ujar Haji Sudiono, di sela-sela pameran seni budaya dan pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Nunung Sobari, bertempat di Taman Budaya Jawa Barat, Jalan Bukit dago Utara Bandung, menjadi tempat kembali ramainya motif batik Dermayon.

Selain motifnya yang khas dan satu dengan karya lainnya berbeda karena berdasarkan suasana ataupun inspirasi pembuat, juga warna serta proses pembuatan. “Bagus bagus batiknya. Ada motif kapal kandas bercerita tentang perjalanan suami melaut, motif ubar-ubir tentang Prabu Siliwangi dengan bala pasukannya dan lainnya,” terang Haji Sudiono seraya menambahkan, bahwa harga jual batik tulis dipatok antara Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribuan.HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger