' HJB ke 530 Ribuan Masyarakat Ngubek di Setu Gede - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » HJB ke 530 Ribuan Masyarakat Ngubek di Setu Gede

HJB ke 530 Ribuan Masyarakat Ngubek di Setu Gede

Written By dodi on Monday, June 25, 2012 | 8:00 AM

BOGOR (LJ) - Ribuan warga Bogor dan sekitarnya nyebur di Setu Gede Kelurahan Setu Gede Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, dalam pesta rakyat ngubek setu dalam rangkaian puncak acara peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke 530 yang digelar Sabtu, (23/6). 

Warga yang datang dari sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) nyebur ke Setu Gede untuk menangkap ikan sebanyak 2,15 ton yang telah ditebar pihak panitia ngubek setu. Pesta rakyat ngubek Setu Gede juga dihadiri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Jajat Sudrajat, Sekretaris Daerah Kota Bogor Bambang Gunawan, dan Ketua Masyarakat Cinta Bogor (MCB) yang juga Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Bogor Bagus Karyanegara.

Selain itu juga dihadiri sejumlah budayawan dan seniman dan sejumlah tokoh masyarakat Bogor antara lain Budayawan dan Seniman Tien Rostni Asikin (ma ageung), dan Aki Pohman. Sementara ratusan warga lainnya menyaksikan pesta rakyat tersebut dipinggiran setu gede.   

Gubernur Ahmad Heryawan mengaku terkesan dengan acara ngubek setu yang digagas masyarakat Setu Gede. Ia berharap acara seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai ajang silaturahmi dan wujud kebersamaan masyarakat Kota Bogor, khususnya  warga Kelurahan Setu Gede. “Acara ngubek setu hanya dilaksanakan setahun sekali. Tapi, ikan–ikannya harus terus ditebar. Makanya, setelah ngubek setu, saya minta Dinas instansi terkait menebar kembali ikan di Setu Gede,“ harapnya.

Heryawan berjanji akan terus melestarikan Setu Gede, selain untuk kelestarian lingkungan dan ketersedian air, juga bisa menjadi objek wisata yang menarik. “Jadi, saya harap warga ikut memelihara Setu Gede,“ ajaknya.

Sementara itu, Ketua MCB, Bagus Karyanegara, yang juga Ketua HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Kota Bogor memberikan hadiah Rp500 ribu kepada peserta ngubek setu yang berhasil mengumpulkan sampah–sampah di area Setu Gede. “Peserta ngubek setu selain mengambil ikan, juga diminta untuk mengumpulkan sampah di area Setu Gede. Mereka yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak diberikan uang lelah Rp500 ribu,“ kata Bagus kepada LINGKAR JABAR.

Dari informasi yang di dapat LINGKAR JABAR, para peserta ngubek setu yang datang dari luar Kota Bogor sudah berdatangan sejak Jum’at (22/6) malam. Mereka rela tidur diarea  hutan Cifor sekitar setu gede untuk menunggu pagi hari. “Saya sengaja nginap di hutan Cifor, karena takut terlambat. Saya datang dari Parung Panjang Kabupaten Bogor,“ ujar Zakaria salah satu peserta ngubek setu.

Pihak panitia sempat kewalahan menahan para peserta. Tanpa harus dikomando para peserta sejak pukul 06.30 wib sudah turun ke setu gede untuk menangkap ikan beramai-ramai. “Sebetulnya, acara dijadwalkan pada pukul 09.00 wib, namun warga tidak sabar, mereka tanpa dikomando sejak pukul 06.30 langsung nyebur ke Setu Gede,” ujar Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Setu Gede Kecamatan Bogor Barat, Umar Sanusi.

Ratusan warga turun ke Setu Gede dengan menaiki rakit yang telah disiapkan panitia. Peserta ngubek setu menenteng jala dan serok (alat penangkap ikan-red). mereka beramai – ramai menangkap berbagai jenis ikan seperti nila, mujair, mas, patin dan ikan gurame yang telah ditebar empat hari lalu sejak hari Selasa lalu.

Umar Sanusi yang juga Ketua Panitia ngubek setu mengatakan, acara ngubek setu digagas oleh warga Kelurahan Setu Gede yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bogor, dan komunitas warga dan organisasi kepariwisataan di Kota Bogor yakni MCB dan HPI. Ngubek setu beberapa tahun silam menjadi tradisi warga Setu Gede. Biasanya kegiatan ini digelar seminggu menjelang puasa. Kali ini dikaitkan dengan HJB ke 530. ALI





Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger