' Hadir Lagi, Festival Kawah Putih - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Hadir Lagi, Festival Kawah Putih

Hadir Lagi, Festival Kawah Putih

Written By dodi on Wednesday, June 20, 2012 | 1:58 PM

ANGKAT kearifan budaya lokal, festival Kawah Putih 2012 akan digelar di kawasan wisata alam Ciwidey Kabupaten Bandung. Puncak kegiatannya 15 Juli 2012. Demikian Kepala Bidang Ekowisata, Lingkungan dan Jasa Lainnya (Ekolija) Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Bandung, Lies Bahunta di Bandung, Selasa (19/6) menyampaikan.

Gelaran ini menurutnya agenda rutin tahunan di kawasan obyek wisata pegunungan Ciwidey. Meski memakai konsep tradisonalisme tapi tetap saja akan memadukan dengan dinamika kekinian. Pesan yang diusung adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke obyek wisata yang memiliki keunikan dengan Danau Kawah berwarna hijau dan sarat dengan kandungan belerang itu.

Di mana selama ini, Kawah Putih merupakan salah satu obyek wisata unggulan di kawasan Bandung Selatan yang ditunjang oleh obyek wisata lainnya yakni Bumi Perkemahan Rancaupas, Pemandian Air Panas Ciwalini serta  Situ Patengang.

Beberapa agenda utama dari kegiatan Festival Kawah Putih itu adalah pementasan seni budaya dari Bandung Selatan serta menampilkan pegelaran sendra tari yang menceritakan tentang cikal bakal Kawah Putih serta perkembangannya dari waktu ke waktu. Selain itu juga akan digelar acara spiritual adat warga di kawasan Kawah Putih sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta.

"Hal menarik yang dapat dilihat, prosesi ritual akan digelar sesuai dengan adat istiadat masyarakat di sekitar Kawah Putih, sebagai bentuk syukur kepada Maha Pencipta," jelasnya.

Selain menampilkan agenda kegiatan seni budaya dan ritual, juga untuk pertama kalinya akan digelar Pasanggiri Tembang Sunda dan  kegiatan Lomba Foto Wedding yang akan diikuti peserta dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat. Setiap peserta wajib melakukan pemotoan terhadap obyek yang menggunakan pakaian adat yang khas dari daerah masing-masing.HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger