' Dubes India Apresiasi Perhelatan Seba Kuwerabakti - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Dubes India Apresiasi Perhelatan Seba Kuwerabakti

Dubes India Apresiasi Perhelatan Seba Kuwerabakti

Written By dodi on Tuesday, June 5, 2012 | 11:25 AM


BOGOR (LJ) - Duta  besar India untuk  Indonesia Gurjit  Singh menyampai-kan apresiasinya perhelatan budaya Seba Kuwerabakti  yang digelar dalam rangkaian  menyambut Hari Jadi Bogor  (HJB) ke 530. Gurjit Singh sengaja diun-dang oleh panita Bogor Cul-ture Festival (BCF) 2012 Seba  Kuwerabakti untuk menyak-sikan perhelatan Budaya kali  pertama digelar di Kota Bo-gor.  Gurjit mengaku terkesan  dengan seni budaya sunda.  “Saya baru pertama menyak-sikan pagelaran seperti ini.  “Ternyata, seni budaya sunda  sangat menarik,“ kata Gurjit  kepada LINGKAR JABAR. Sementara Sekretaris  Direktorat Kebudayaan Ke-menterian Kebudayaan Gatot  Gautama mengatakan, acara  BCF 2012 Seba Kuwerabakti sangat tepat digelar dalam menyambut HJB. “Kita ke-tahui bahwa Bogor dulunya  Purasaba atau Ibu Kota dari  Kerajaan Pakuan Pajajaran,“  kata Gatot. Event ini, kata  Gatot dijadikan momentum  untuk upaya pewarisan seja-rah pada generasi muda dan  seluruh masyarakat Bogor.  Kota Bogor banyak memiliki  peninggalan atau disebut Her-itage terutama peninggalan  masa Kolonial seperti Istana  dan Kebun Raya Bogor, dan Gedung – gedung lain yang berciri khas arsitektur Eropa.


Selain itu juga terdapat ber-bagai lembaga-lembaga pe-nelitian bertaraf  Internasional  yang didirikan sejak zaman pemerintahan Belanda sep-erti balai penelitian tanaman tropis, museum zoologi, museum etnobotani dan balai-balai penetian lainnya. “Jadi, sejarah Bogor yang sangat panjang ini sangat tepat di-jadikan sebagai pewarisan kepada generasi penerus,“ un-gkapnya.Karenanya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendikung penuh kegiatan BCF 2012 Seba Kuwerabakti. “Kami berharap event ini bisa digelar secara berkala setiap tahun, dengan melibatkan se-mua unsur masyarakat serta menjadi pesta kesenian rakyat Bogor, “harapnya. Sementara itu Gubernur  Jawa Barat Ahmad Heryawan  mengaku bangga dengan Per-ingatan HJB ke 530. Terlebih dengan digelarnya pesta raky-at yang melibatkan seluruh el-emen masyarakat.
“Kita patut bersyukur bahwa Bogor di-anugrahi kesuburan yang san-gat luar biasa tercacat bahwa Bogor merupakan Kota yang paling subur diantara Kota- Kota di Jawa Barat, “ kata Heryawan.Uniknya juga, kata dia,  Bogor merupakan Kota den-gan curah hujan paling tinggi  di bumi ini. “Makanya, wajar Bogor dijuluki kota hujan,“ ujarnya. Heryawan meny-ampaikan apresiasi dengan penyelenggaraan BCF 2012  Seba Kuwerabakti. Seba ada-lah sebuah pemberian, se-buah jalan untuk memberikan sesuatu kepada pemimpinnya. Ia mengatakan, seba se-bagai tanda syukur karena keharmonisan antara pem-impin dengan yang dip-impinnya. “Kalau dimasa lalu menandakan harmonis  antara pemimpin dengan masyarakatnya. Maka dalam peringatan HJB ke 530 juga menggambarkankeharmo-nisan  antara pemimpin den-gan masyarakatnya,” ungkap  Heryawan. ALI
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger