' DPRD Ultimatum Dinas Cipta Karya - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » DPRD Ultimatum Dinas Cipta Karya

DPRD Ultimatum Dinas Cipta Karya

Written By dodi on Wednesday, June 27, 2012 | 2:05 PM

KAB.PURWAKARTA (LJ) - Dewan Pimpinan Rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Purwakarta, mengultimatum Dinas Cipta Karya terkait pembangunan taman kota di atas trotoar. Hal itu terkait banyaknya keluhan masyarakat yang diterima dewan. Soalnya pembangunan trotoar itu dinilai tidak memperhatikan fungsi bagi para pengguna jalan.

“Sepertinya pemerintah tidak mengakomodir kebutuhan para pejalan kaki. Sebab trotoarnya dibangun taman. Itu telah menyalahi aturan,” kata  H Ahmad, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Purwakarta, Selasa (26/6).

Dikatakan, dari sisi tupoksi dewan sebagai pengontrol kebijakan pemerintah, menilai bahwa pemerintah telah berlebihan. Sebab telah terjadi perampasan hak para pengguna jalan dari pembangunan yang dilakukan. Sehingga, pemerintah terkesan tidak melaksanakan apa yang seharusnya menjadi tanggung jawabnya.

Diurai lebih lanjut, selama ini pihaknya terus melakukan kontrol atas kebijakan yang dilakukan oleh Bupati Purwakarta. Namun apabila telah menyalahi aturan dan menimbulkan banyak keluhan, sudah menjadi kewajiban Komisi III DPRD untuk melakukan teguran. Khususnya kepada dinas atau instansi terkait. Bahkan bila perlu, dinas tersebut diberikan sanksi.

Hal itu menurutnya, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 tahun 2005. Yakni tentang Pedoman Pembinaan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Sehingga kalau sudah ditegur masih juga membandel atau tidak mengindahkan teguran, maka Komisi III bisa mengusulkan sanksi pada sidang paripurna.

Sementara itu, pembangunan taman diatas trotoar seperti di Jalan Ipik Gandamanah dan jalan satu arah Kebun Jahe telah menimbulkan keluhan dari masyarakat pengguna jalan dan mengadukannya ke DPRD Purwakarta. Masyarakat menilai, pemerintah telah mengorbankan hak masyarakat (pengguna trotoar-Red) demi penataan taman kota.

Tidak hanya masyarakat pengguna trotoar, keluhan sama juga datang dari para awak kendaraan. Pasalnya banyak masyarakat pejalan kaki menggunakan bahu jalan, sehingga menimbulkan kekhawatiran terjadi kecelakaan. Di mana masyarakat sudah tidak bisa lagi berjalan di atas trotoar yang sekarang telah beralih fungsi menjadi taman kota.YAS 
Keterangan foto :
TAMAN TROTOAR : Pemkab Purwakarta kini tengah gencar menata taman kota. Namun pembangunan taman di atas trotoar dinilai masyarakat banyak telah menyalahi aturan dan telah mengorbankan hak masyarakat pengguna jalan.YAS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger