' DPRD Tidak Jamin Keberlangsungan TPPAS Kayumanis - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » DPRD Tidak Jamin Keberlangsungan TPPAS Kayumanis

DPRD Tidak Jamin Keberlangsungan TPPAS Kayumanis

Written By Lingkar Jabar On-Line on Saturday, June 2, 2012 | 6:44 AM


Penetapan anggaran penyusunan analisis mengenaidampak lingkungan (AMDAL) dan detail engi-neering design (D.E.D) Tempat Pengolahan dan 
Pemprosesan Akhir Sampah (TPPAS) di Kam-pung Menjul Lamping, Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal, DPRD Kota Bogor tidak menjamin keberlangsungan pembangunan tempat pembuangan sampah pengganti TPA Galuga ini, berjalan sesuai perencanaan.“Untuk realisasinya, dewan tetap mengacu kepada AMDAL. Dalam proses penerbitannya kan tentunya ada publik hearing  atau survey lapangan oleh tim independen, kalau masyarakat setempat menolak berarti tidak bisa dipaksakan,” kata Suparman Supandji, anggota Komisi C DPRD Kota Bogor kepada LINGKAR JABAR, Selasa (15/5). Dijelaskan Suparman, pembangu-nan TPPAS Kayumanis memang sudah ditetap-kan sejak tahun 2007 lalu. Untuk tahapan pen-gadaan lahan seluas 12 hektar, Pemkot Bogor menggelindingkan anggaran sebesar Rp 32 miliar melalui dana cadangan yang diserap dari APBD.Namun demikian bukan berarti perencanaan yang sudah ditetapkan tersebut harus berjalan. 
Meskipun kondisinya sekarang lahan yang dibu-tuhkan sudah 90 persen dibebaskan. “Kalau me-mang dari AMDAL-nya tidak layak masak harus diteruskan,” tandasnya.Diakuinya, dalam pembangunan TPPAS Kay-umanis terjadi kesalahan. Yakni lebih mengede-pankan pengadaan lahan dari pada penyusunan AMDAL ataupun D.E.D. Padahal menurut atu-ran pemerintah, sebelum memulai sebuah pem-bangunan harusnya didahulukan  AMDAL-nya. “Kalau pemaparan Pemkot, AMDAL dibuat belakangan sebagai antisipasi adanya gejolak dari masyarakat, karena saat itu kontrak TPA Galuga akan habis. Padahal sampai sekarang masyarakat di sana masih tetap menolak,” tandas Sekretaris Fraksi Gerakan Amanat Bintang Persatuan ini. 
Seperti diketahui, hingga saat ini masyarakat di Kelurahan Kayumanis masih tetap solid dan eksis untuk menolak rencanan Pemkota Bogor mendirikan TPPAS diwilayah mereka. Bahkan, belum juga dimulai penyusunan AMDAL-nya, masyarakat kembali melayangkan protesnya den-gan membuat surat pernyataan keberatan yang ditujukan kepada Walikota Diani Budiarto dan Daud Nedo Darenoh Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP).
“Kami mendengar proses pembuatan amdal akan segera dimulai. Seperti sejak awal, warga tidak akan pernah setuju TPPAS dibangun di Kayumanis. Makanya kami tadi pagi (kemarin) mendatangi Balaikota untuk menyerahkan surat keberatan yang dibubuhi tandatangan seluruh ketua RT/RW, tokoh masyarakat dan pemuda kepada walikota dan Kepala DKP Kota Bo-gor,” tegas Syahrial Gustaman, tokoh pemuda Kelurahan Kayumanis. Syahrial mengatakan, apabila pernyataan warga tersebut tidak diden-gar dan Pemkot tetap memaksakan kehendakn-ya, masyarakat siap pasang badan. ”Kami siap menghalau, jangan sampai nanti di lapangan ada kejadian yang tidak diinginkan,” ancamnya.Ditempat terpisah, Kepala DKP Kota Bo-gor, Daud Nedo Darenoh mengungkapkan pembangunan TPPAS Kayumanis akan tetap dilaksanakan. Dijelaskannya, saat ini penyusu-nan Amdal TPPAS Kayumanis masih dalam proses lelang dengan nilai pagu nilai pagu paket Rp.980.000.000,- dan nilai harga pokok satuan (HPS) paket Rp.973.171.000,- ”Kami masih men-unggu hasil lelang dan belum ada pemenangnya,” ujarnya. Terkait masih kencangnya penolakan warga, Daud mengatakan akan kembali kembali membuka ruang komunikasi dengan masyarakat sehingga nantinya tidak menemui kendala. Ka-rena menurutnya tidak mungkin proyek akan terealisasi dengan baik apabila masih ada ham-batan di lapangan. ”Saya sudah terima surat yang dibuat warga Kayumanis. Agar program ini bisa berjalan, saya besok akan melaporkan hal ini ke-pada pak Wali (Diani Budiarto) dan selanjutnya menggelar pertemuan dengan warga setempat,” pungkasnya.  Q ALI
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger