' DPRD Kota Gorontalo Belajar ke KPU Kota Bekasi. - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » DPRD Kota Gorontalo Belajar ke KPU Kota Bekasi.

DPRD Kota Gorontalo Belajar ke KPU Kota Bekasi.

Written By dodi on Friday, June 22, 2012 | 3:39 PM

KOTA BEKASI (LJ)-17 anggota DPRD Kota Gorontalo, berkunjung ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi Jawa Barat di Jalan Ir H. Junada Nomor 100 Bekasi Timur, Kamis (21/6). Kedatangan para wakil rakyat dari Gorontalo tersebut adalah untuk mempelajari tata-cara tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada), terkait dengan penerimaan pendaftaran calon perseorangan.
    “Kebetulan Kota Gorontalo juga akan melaksanakan Pilkada. Karena Kota Bekasi lebih dahulu, maka kita akan mempelajari proses dari awal bagaimana penerimaan pendaftaran calon perseorangan,” tutur Erman Latjengke, Wakil Ketua DPRD Kota Gorontalo.
    Kota Gorontalo yang jumlah penduduknya hanya 220 ribu jiwa, pada bulan Juli tahun ini, baru akan memulai tahapan Pilkada. Pendaftaran calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota akan dilakukan pada bulan Desember, sedangkan pemilihan dijadwalkan baru berlangsung tanggal 28 Maret 2013.
    “Di Gorontalo saat ini sudah mulai kelihatan akan ada juga calon perseorangan atau non-partai. Tapi, kita lihat nanti pas pendaftaran. Ada atau tidak, kita tetap harus mengambil langkah antisipasi,” terang Erman.
    Selain belajar di Kota Bekasi, rombongan dari DPRD Kota Gorontalo juga akan mengunjungi Ibukota untuk melakukan hal serupa. “Kita ingin tahu bagaimana mekanismenya, nanti kita juga sedang cari waktu untuk berdialog pula dengan KPU DKI,” katanya.
    Untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Gorontalo pada Pilkada Maret 2013 mendatang, angkanya diperkirakan meningkat hingga 7 ribu pemilih. “Daftar pemilih masih dalam tahap pemutkahiran, tapi di Pilgub Gorontalo November 2011 lalu, DPT di Kota Gorontalo jumlahnya mencapai 133 ribu pemilih,” imbuh Erman.
    Rombongan wakil rakyat dari DPRD Kota Gorontalo, diterima oleh unsur pimpinan dan anggota serta staff KPU Kota Bekasi. Mereka juga sempat berdialog secara serius mengenai mekanisme penerimaan pendaftaran calon perseorangan di Pilkada Kota Bekasi.
    Selain Wakil Ketua DPRD Kota Gorontalo, hadir pula perwakilan dari masing-masing Komisi diantaranya Komisi A yang membidangi Pemerintahan dan Kesra, Komisi B yang membidangi Perekonomian, dan Komisi C yang membidangi Pembangunan. “Kita berharap, ilmu yang kita dapat di KPU Kota Bekasi, bisa bermanfaat di Pilkada Gorontalo,” tutup Erman.
    Anggota Komisioner KPU Kota Bekasi, Kanti Prayogo mengatakan, dalam dialog dengan DPRD Kota Gorontalo, dirinya menjelaskan semua aturan yang berlaku terkait penerimaan pendaftaran calon perseorangan. “Kita terangkan semua aturan yang berlaku, termasuk tahapan-tahapan yang telah ditentukan. Seperti pengumuman pendaftaran serta pengambilan formulir pendaftaran calon perseorangan,” katanya.
    Di Kota Bekasi, pendaftaran calon perseorangan sudah dibuka sejak 12 Juni hingga 17 Juni 2012. “Mulai 18 Juni sampai 25 Juni 2012, kita berikan waktu kepada calon perseorangan untuk menyerahkan bukti dukungan tanda tangan dan fotokopi KTP, sebagai syarat jika maju dari non-partai,” katanya.
    Dari 5 pasang pendaftar dari jalur perseorangan, hingga kini belum ada satupun yang mengembalikan formulir. “Pengembalian formulir paling terakhir tanggal 25 Juni 2012. Untuk syarat dukungan harus 70.447 dukungan, atau setara 3 persen dari total jumlah penduduk Kota Bekasi,” tutupnya. RIK
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger