' Disnakan Gelar Sosialisasi Gerakan Gemar Makan Ikan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » , » Disnakan Gelar Sosialisasi Gerakan Gemar Makan Ikan

Disnakan Gelar Sosialisasi Gerakan Gemar Makan Ikan

Written By dodi on Monday, June 25, 2012 | 8:00 AM

KAB BANDUNG,(LJ)- Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bandung menggelar kegiatan Sosialisasi Gerakan Gemar Makan Ikan. Kegiatan  tersebut ditujukan bagi anak-anak usia Sekolah Dasar dalam upaya perbaikan gizi dan meningkatkan derajat kesehatan anak.
    "Saya sangat senang melihat antusias anak-anak terhadap kegiatan ini, mudah-mudahan program ini bisa berkelanjutan, sehingga  akan melahirkan generasi anak yang sehat, cerdas dan berprestasi," Kata Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Hj.Kurnia Agustina Dadang M Naser, kepada wartawan, di Gedung Dewi Sartika-Soreang, Soreang, Kabupaten Bandung, baru baru ini.
      Menurutnya, rendahnya pencapaian wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun dan rendahnya keadaan kesehatan dan gizi anak sekolah diantaranya disebabkan rendahnya tingkat pendapatan masyarakat. Oleh karena itu berdasarkan hasil survey tinggi dan berat badan anak sekolah, pada tahun 2011 yang mengalami gizi kurang sebanyak 2,2%, gizi baik 95,5 % dan gizi lebih 2,3 %.
    “Jika melihat data tersebut, berarti masih diperlukan perbaikan gizi, salah satu upaya untuk menangulangi masalah itu diantaranya bisa melalui program makanan ikan, "Karena ikan merupakan sumber terbaik protein yang mengandung Omega 3, “ terangnya.
     Dalam sosialisasi tersebut, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kab.Bandung, Ir.H.Hermawan, Wakil Ketua TP PKK Kab.Bandung, Hj.Sri Deden Rumaji, Ketua DWP Kab.Bandung, Hj.Windar Sofian, pengurus TP PKK Tingkat Kecamatan dan Kab.Bandung serta puluhan guru pendamping siswa.
      Dikesempatan yang sama Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kab.Bandung, Ir.H.Hermawan, mengatakan, Gerakan Gemar Makan Ikan salah satu bentuk program dari Disnakan Kabupaten Bandung, karena ikan merupakan makanan yang mengandung protein cukup tinggi sehingga kandungan gizinya sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan dan bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan, disamping itu Ikan juga mengandung vitamin yang berguna untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh dan juga baik untuk kesehatan mata kulit dan tulang,” terangnya.
      Hermawan, berharap, agar semua masyarakat bisa tertarik pada makanan ikan, dan para orang tua khususnya para ibu dapat mengkreasikan ikan dalam berbagai bentuk hidangan, sehingga anak mau mengkonsumsi ikan.
     “Tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Bandung baru mencapai angka 21,7 Kg/kapita per tahun. Artinya rata-rata masyarakat Kab.Bandung per orang dalam setahunnya baru mengkonsumsi ikan sebanyak 21,29 kg/kapita, sedangkan standar konsumsi nasional mengharuskan sekitar 31,64 kg/kapita, “ ujarnya.(FEN)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger