' Desa Nengkelan Aktifkan Profil Desa Online - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Desa Nengkelan Aktifkan Profil Desa Online

Desa Nengkelan Aktifkan Profil Desa Online

Written By dodi on Tuesday, June 19, 2012 | 3:56 PM

KAB.BANDUNG.(LJ)-Desa Nengkelan, Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung, mengaktifkan profile desa online, yang disosialisasikan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bandung.
    “Kemampuan dan kecakapan mengoperasikan komputer secara online, meliputi pengetahuan dasar komputer, jaringan internet atau intranet, bagaimana membuat form laporan kegiatan dan lainnya telah kami terapkan kepada aparatur pemerintahan desa. Pelaksanaan program tersebut sebagai bentuk keseriusan Desa Nengkelan mewujudkan percepatan pembangunan pemerintahan, “ ujar Kepala Desa Nengkelan, Dede Sopyan kepada LINGKAR JABAR, kemarin.
    Menurutnya, profile Desa Nengkelan Online adalah bentuk keseriusannya mewujudkan e-Gov, setelah dilaksanakan pelatihan bagi seluruh perangkat desa, tahun ini, akan ada pengadaan komputer dengan perangkat internetnya, sesuai visi-misi BPMPD Kabupaten Bandung.
    “Masyarakat membutuhkan pelayanan cepat dan tepat sasaran, Desa Nengkelan Online merupakan solusi utama. Setelah aparatur desa menerima pelatihan, pihaknya segera mendampingi pengadaan komputer dan jaringan di tingkat desanya, sampai terkoneksinya jaringan desa ke dunia maya, “ terangnya.
    Menurutnya, Karena kebutuhan pelayanan masyarakat sudah sangat mendesak, pihaknya secara estafet akan memberi pelatihan kepada perangkat desa. Agar materi pendidikan mudah di terima, Setelah jaringan ini sukses terwujud, maka pengambil kebijakan akan dengan mudah mengakses data, dari desa-pun tak perlu mengeluarkan dana lebih untuk berkomunikasi, seperti saat terjadi musibah, kepala desa dapat melaporkan kondisi desanya melalui laporan tertulis dengan wifi atau telepon melalui voice over internet protocol (VOIP).
    “Tingginya manfaat sistem komputerisasi secara online. Setelah kita lengkapi komputer dengan perangkat internet, sistem laporan dan informasi sangat terbantu sekali. Segala laporan yang disampaikan dari Desa ke Pemerintah Daerah dan Pusat sangat cepat dan akurat. Pihaknya berharap masyarakat bisa mengakses informasi di dalamnya, “ujarnya.
    Dengan menyajikan data potensi dan data pendukung lain, lanjut Dede Sopyan, kita akan sangat mudah melihat perkembangan dan keberhasilan sebuah program pembangunan. Dengan data tersebut kita akan memberikan kecerdasan pemikiran, tranparansi informasi, kejelasan prospek dalam pemberdayaan masyarakat guna menyukseskan pembangunan di desa.
    “Oleh karena pengkajian data dan potensi di desa, menjadi perhatian kita bersama, dan ini jika kita bersungguh-sungguh tidak berat atau sulit hanya membutuhkan ketekunan dan kemauan. Jika pendataan ini saja kita tidak mampu merealisasikannya, bagaimana kita mampu memproyeksikan tingkat keberhasilan dalam pembangunan yang dilakukan,“ ujarnya.(FEN)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger