' Desa Kalipasung Bangun Gedung Madrasah - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » , » Desa Kalipasung Bangun Gedung Madrasah

Desa Kalipasung Bangun Gedung Madrasah

Written By dodi on Monday, June 25, 2012 | 8:00 AM

KAB.CIREBON, (LJ).-Kuwu Kalipasung Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon bersama masyarakat bahu membahu membangun gedung madrasah diniyah, anggaran biaya pembangunan gedung tersebut, dengan menggunakan anggaran bantuan program PNPM dan swadaya masyarakat.
    Menurut Kuwu Kalipasung, Sumiyati, menjelang akhir jabatannya, dia berkeinginan menuntaskan program yang belum terwujud bagaimana membangun mental spiritual masyarakatnya melalui pendidikan agama. Karena menilik sejarah dari Desa Kalipasung, dahulu kala desa ini pernah berdiri sebuah Pesantren.
    “Sebelum ada pemerintahan atau kuwu,desa kami sudah ada seorang tokoh yang sangat sakti bernama Ki Buyut Kamil, Kemudian dilanjutkan oleh K.H. Abdul Ghoni. Beliau membangun pesantren di Kalipasung, namun sekarang pesantren tersebut hanya menyisakan nama pada sebuah dusun di Desa Kalipasung ini,” ungkapnya.
    Menilik sejarah ini, dia bertekad untuk sejarah baru lagi yaitu membangun sebuah Madrasah Diniyah, yang peruntukannya untuk anak-anak usia sekolah dasar yang ada di desanya. “Sebagai pemimpin, saya akan membangun sarana pendidikan diniyah, meski dana yang tersedia sangat minim tapi berbekal tekad saya yakin dapat membangun. Apalagi kita mendapat dukungan dari masyarakat,” paparnya.
    Desa Kalipasung Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, memiliki luas kurang lebih 217 Ha, dengan penduduk 4.387 jiwa,mata pencarian penduduknya, selain sebagai nelayan juga buruh tani, sehingga latar belakang pendidikan warganya masih berada dibawah rata-rata.
    "Menyikapi hal ini, saya ingin warga saya bisa mengenyam pendidikan yang lebih baik lagi, minimalnya bisa menyamakan diri dengan desa-desa yang masyarakatnya telah mengenyam pendidikan yang lebih baik," harapnya.
    Sekdes Endi Supriyadi kepada LINGKAR JABAR,mengatakan, dalam sistem dan pola penyelenggaraan pemerintahan Desa Kalipasung, pihaknya memberikan peran yang lebih kuat pada masyarakat, mereka diberi kewenangan lebih luas agar bentuk kebijaksanaan yang dihasilkan lebih dilandaskan kepada kemauan dan keinginan masyarakat.
    “Keterlibatan masyarakat secara mental maupun emosional dalam usaha untuk mendorong proses pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintah Desa serta ikut bertanggungjawab sebagai dinamika bagian dari masyarakat sebagai suatu sistim pemerintah Desa,” ujarnya.LIL/MAT/C12
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger