' Damdin : UKS Harus Digalakkan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Damdin : UKS Harus Digalakkan

Damdin : UKS Harus Digalakkan

Written By dodi on Tuesday, June 19, 2012 | 4:06 PM

KAB.PURWAKARTA (LJ) - Dandim 0619 Purwakarta Letkol Arm Fauzi Kamil SIP menyatakan, usaha kesehatan sekolah (UKS) di setiap sekolah sekarang ini sudah jarang digalakkan. Sebab jika tidak, ketika mengkonsumsi makanan, anak-anak tidak bisa dikontrol. Akibatnya, banyak anak yang menderita sakit gigit dan mulut.

“UKS sekarang ini jarang digalakkan di sekolah-sekolah. Sehingga banyak anak-anak usia dini sudah menderita sakit gigi,” ujar Dandim Fauzi Kamil disela-sela kegiatan bakti sosial pelayanan kesehatan dan pemeriksaan gigi bekerjasama dengan Civitas Akademika Fakultas Kedokteran Gigi Unpad, Dinas Kehatan dan Disdikpora Kabupaten Purwakarta, Senin (18/6)

Dikatakan Fauzi Kamil, UKS merupakan bagian dari kegiatan sekolah yang harus selalu digalakkan terhadap para siswanya. Untuk menggalakkan kembali UKS di sekolah, Kodim 0619 Purwakarta bekerjasama dengan para dokter gigi koas dari Fakultas Kedokteran Gigi Unpad menggelar pelayanan kesehatan gigi dan mulut secara gratis.

Kegiatan pelayanan kesehatan ini, sambung dia, juga dalam rangka HUT Kodam III Siliwangi ke 66 tahun 2012 yang saat ini dipusatkan di SDN Sindang Kasih. Sementara tim yang diturunkan dari Unpad diantaranya 20 orang dokter gigi dan 50 orang koas yang melayani 650 pasien siswa SDN Sindang Kasih I sampai dengan XI dan SDN Nagri Kidul I sampai dengan III.

Dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan tersebut, lanjut Fauzi, antusias tidak hanya dari para siswa saja tapi juga datang dari masyarakat sekitar. Mengingat animo anak sekolah dan masyarakat begitu besar, Kodim 0619 Purwakarta akan kembali menggelar kegiatan yang sama di SD-SD lain di Kabupaten Purwakarta.

Fauzi Kamil berharap, kegiatan UKS di sekolah-sekolah bisa kembali digalakkan. Sehingga, anak-anak bisa terkontrol dalam mengkonsumsi makanan. Terlebih, Bupati Purwakarta juga telah menggulirkan program siswa wajib membawa makanan ke sekolah dari rumah. Hal itu, untuk memudahkan orang tua dalam melakukan kontrol makanan bagi anaknya.

Jika UKS digalakkan dan anak-anak membawa bekal dari rumahnya ke sekolah, selain memudahkan pemantauan bagi para orang tua dan guru terhadap makanan yang dikonsumsi anak siswa, juga membiasakan anak-anak hidup dan berperilaku sehat. Dengan demikian, anak-anak tidak akan mudah terserang penyakit terutama penyakit gigi.YAS

Keterangan foto :
BAKTI SOSIAL : Dalam rangka HUT Kodam III Siliwangi ke 66, Kodim 0619 Purwakarta menggelar Bakti Sosial pelayanan kesehatan dan pemeriksaan gigi bagi siswa sekolah dasar yang dipusatkan di SDN Sindang Kasih Purwakarta, Senin (18/6).YAS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger