' Damailah Viking dan The Jak - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Damailah Viking dan The Jak

Damailah Viking dan The Jak

Written By dodi on Thursday, June 28, 2012 | 8:00 AM

PERSETERUAN dihentikan. Itulah harapan kepada pendukung Persib Bandung yang tergabung dalam wadah Viking Persib Club dan suporter Persija Jakarta yakni The Jakmania. Dikabarkan kedua pendukung skuad Bandung dan Jakarta ini telah dipertemukan sebagai proses awal menuju perdamaian.

Forum yang mempertemukan Viking dan The Jakmania itu dimediasi oleh Walikota Bandung, Dada Rosada, dan dilangsungkan di Ruang Tengah Balai Kota Bandung. Dada Rosada terketuk hatinya untuk merukunkan kedua kelompok suporter yang selama ini saling bermusuhan tersebut.

Pertikaian antara Viking dan The Jakmania memang sudah sangat sering terjadi dan beberapa kali memakan korban. Terakhir, tiga korban tewas saat laga Indonesia Super League (ISL) antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta beberapa pekan silam.

Walikota Bandung pun sudah berkunjung ke rumah salah satu korban tewas, yakni Rangga Cipta Nugraha. Dari situlah Dada Rosada bertekad untuk mempertemukan Viking dan The Jakmania sebagai jalan awal demi terciptanya perdamaian di antara kedua kelompok suporter itu.

Dada Rosada sendiri mengaku sudah lama berkeinginan untuk merukunkan Viking dan The Jakmania. Keinginan Walikota Bandung ini mendapat dukungan penuh dari mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso. Namun, baru sekarang upaya tersebut bisa terlaksana. Semoga perdamaian antara Bobotoh dan The Jakmania dapat segera terwujud.

Ketua Viking Persib Fans Club Heru Joko menyuarakan isi hatinya mewakili anggota Viking terkait rencana perdamaian dengan The Jak Mania (suporter Persija). Pria berkacamata ini berbicara singkat di hadapan Walikota Bandung Dada Rosada.

"Siap damai. Saya percaya diri, semua ini bisa damai," tegas Heru saat diminta Dada menanggapi soal upaya damai Viking dan The Jak Mania di ruang tengah Balaikota Bandung, Rabu (27/6).

Menurut Heru upaya perdamaian yang dinisiasi Dada dan Bang Yos (Sutiyoso, eks Gubernur DKI Jakarta) harus disambut postif. Berkumpulnya pejabat pemerintah, serta perwakilan masyarakat membahas serius langkah perdamaian, ucap Heru, merupakan momen ditunggu-tunggu.

Dalam kesempatan itu Heru sempat melontarkan ucapan kalau prosentase damai 90 persen. Sisanya, Heru meminta kerjasama dari pihak kepolisian dan Pemkot Bandung bersama-sama memantau sepak terjang anggota Viking terutama grassroot di hari mendatang.

Sontak saja, Wakapolrestabes Bandung AKBP Dadang Hartanto mempertanyakan ungkapan Heru tersebut. Dadang pun meminta Viking yakin sepenuhnya guna mengakhiri pertikaian dengan The Jak Mania.

Mantan Manajer Persib Jaja Sutarja turut berkomentar. "Maka itu perlu sosialisasi dan dibina anggota-anggota Viking lainnya setelah nanti perdamaian terlaksana," kata Jaja. Mendengar masukan itu. Heru memberi isyarat dengan menganggukan kepala.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Martinus Sitompul mengatakan telah melakukan koordinasi dengan Panglima Viking, Heru Joko untuk rencana mencetuskan aksi perdamaian. "Mereka (Viking) bersedia," kata Martinus.AN/HER/FEY
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger