' Bursa Kerja Diserbu Ribuan Pelamar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Bursa Kerja Diserbu Ribuan Pelamar

Bursa Kerja Diserbu Ribuan Pelamar

Written By dodi on Thursday, June 28, 2012 | 8:00 AM

INDRAMAYU – Tingginya angka pengangguran di Kabupaten Indramayu, selain sumber daya manusia (SDM) dan minimnya lapangan pekerjaan, juga disebabkan sulitnya calon pencari kerja dalam mengakses informasi lowongan pekerjaan.

Sementara permasalahan kependudukan dan ketenagakerjaan juga menjadi tantangan bagi Kabupaten Indramayu. Dinilai masih belum seimbangnya antara pencari kerja dengan kesempatan kerja yang ada. Jelas Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah pada saat pembukaan Bursa Kerja 2012, yang diadakan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu di Alun-alun Indramayu, Rabu (27/6).

Menurut Bupati, sedianya kegiatan ini berlangsung 26 – 29 Juni. Dari data yang diterima pihaknya, ada 30 perusahaan yang ikut serta dalam bursa kerja 2012. Di antaranya perusahaan swasta BUMN, BUMD dan instansi pemerintah, yang menyediakan 9.841 lowongan kerja.  Dengan rincian lowongan kerja lokal 3.872 orang, lowongan antar daerah 680 orang dan lowongan antar negara mencapai 5.289 orang.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu, H Wawang Irawan MH berharap dengan adanya bursa kerja ini, paling tidak bisa menyerap 2.000 tenaga kerja. Lalu bisa mengurangi angka pengangguran di Indramayu.

Dikatakan, bahwa pada tahun 2011, jumlah pencari kerja di Indramayu mencapai 26.750 orang. Sedangkan yang berhasil ditempatkan hanya 13.374 orang. Pada tahun 2012 sampai bulan Mei, tercatat sebanyak 11.897 orang pencari kerja, sedang penempatan tenaga kerjanya baru mencapai 5.762 orang.

Pantauan LINGKAR JABAR, hari pertama pelaksanaan bursa kerja ini ribuan orang langsung menyerbu seluruh stand yang tersedia. Mereka lebih dominan menanyakan formasi lowongan pekerjaan yang ada. Bahkan di antaranya ada yang langsung menyerahkan surat lamaran kepada petugas stand.ACP/HER



Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger