' Budaya Tradisional untuk Generasi Muda - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Budaya Tradisional untuk Generasi Muda

Budaya Tradisional untuk Generasi Muda

Written By dodi on Thursday, June 21, 2012 | 12:59 PM

KAB.PURWAKARTA (LJ) - Sebagai rangkaian kegiatan hari jadi Purwakarta ke 181 dan Kabupaten Purwakarta ke 44, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, menyelenggarakan Festival Kaulinan Barudak Lembur yang bertujuan untuk melestarikan permainan tradisional asli Jawa barat, terutama untuk mengenalkannya pada para generasi muda.

Rangkaian kegiatan yang diikuti 1.000 peserta dari tingkat SMP dan SMA se Purwakarta tersebut, berlangsung selama dua hari sejak 19 hingga 20 Juni 2012. Berbagai lomba diselenggarakan, seperti untuk putra lomba galah santang, panggal, sumpit, dan bandring. Untuk putri, lomba dompu, sulam, sampintrong dan lain sebagainya.

"Festival tersebut diselenggarakan, sebagai upaya untuk melestarikan berbagai permainan tradisional yang sekarang ini mulai dilupakan oleh para generasi muda. Selain itu, juga untuk membangun karakter melalui gelaran seni budaya tradisional yang diantaranya melombakan berbagai permainan tradisional. Generasi muda sudah saatnya kembali mempermainkan permainan tradisional ditengah serbuan permainan modern," kata M Fajar Sidiq Kepala Badan kepegawaian Daerahj (BKD) Kabupaten Purwakarta kepada LINGKAR JABAR, Rabu (20/6) saat membuka kegiatan Kaulinan Barudak Lembur yang dipusatkan di area taman wisata Situ Buleud.

Dengan adanya kegiatan ini, kata Fajar, secara tidak langsung bisa melestarikan permainan tradisional, "Dimana generasi muda sekarang hampir melupakan bahkan tidak mengenalnya. Sehingga dengan digalakkannya kembali permainan tradisional, generasi muda akan mampu menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsa," ujarnya.

Tambah dia, selain memperkenalkan kembali permainan tradisional, generasi muda yang saat ini sudah mulai pudar, harus dibekali dunia agama. "Bertujuan untuk membangun generasi muda yang berkarakter serta mampu melestarikan seni budaya tradisional," pungkasnya. YAS

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger