' BKPP Kabupaten Bandung Gelar Kajian Kebutuhan Pegawai - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » BKPP Kabupaten Bandung Gelar Kajian Kebutuhan Pegawai

BKPP Kabupaten Bandung Gelar Kajian Kebutuhan Pegawai

Written By dodi on Thursday, June 21, 2012 | 12:15 PM

KAB.BANDUNG (LJ)-  Dalam rangka penataan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan penghematan anggaran belanja pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bandung menggelar seminar kajian kebutuhan pegawai di Hotel Antik, Soreang, Kabupaten Bandung.

“Berdasarkan Peraturan Bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan Nomor 02/SPB/M.Pan-RB/8/2011, Nomor  800-632 Tahun 2011 dan Nomor 141/PMK.01/2011 antara lain telah ditentukan penundaan sementara penetapan tambahan formasi untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diberlakukan mulai tanggal 1 September 2011 sampai dengan tanggal 31 Desember 2012,“ kata Sekretaris BKPP Kabupaten Bandung, Dra.Hj. Euis Cucu Rukmini kepada LINGKAR JABAR, kemarin.
 
Menurutnya, peraturan ditentukan penghitungan jumlah kebutuhan PNS yang tepat bedasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja untuk melakukan penataan PNS dalam kerangka pelaksanaan reformasi birokrasi. Serta menyusun proyeksi kebutuhan PNS selama 5 (lima) tahun ke depan yang pemenuhannya dilakukan secara berkesinambungan dengan sasaran prioritas per tahun yang jelas.

“Seminar pengkajian kebutuhan PNS memang perlu dilakukan mengingat kegiatan tersebut merupakan salah satu prosedur yang digunakan sebagai dasar penyusunan formasi PNS maupun bezzeting (persediaan pegawai) dan sebagai acuan dalam kegiatan penataan atau penempatan pegawai,” terangnya.
 
Dikesempatan yang sama Ketua Penyelenggara, Yulili Rusmawandi S.Sos menyebutkan kegiatan seminar menghadirkan beberapa narasumber diantaranya  Kepala Laboratorium Pengkajian Penelitian dan Pengembangan Administrasi Negara (LP3AN), DR.Asep Sumaryana, M.Si, Sekretaris LP3AN Drs.Slamet Usman Ismanto, M.Si, Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Negara, DR.Heru Nurasa, MA serta Kepala Bidang Penelitian LP3AN, Sawitri Budi Utami, S.Ip, M.Si. Semua nara sumber merupakan pakar akademisi FISIP Unpad Bandung.

“Materi yang disampaikan meliputi Penyusunan Jabatan Menurut Syarat Jabatan dan Penyusunan Pegawai Menurut Jabatan, Perkiraan Perubahan Komposisi Pegawai dan Perkiraan Persediaan Pegawai, Redistribusi  PNS dan Proyeksi Kebutuhan PNS selama 5 tahun. Adapun peserta seminar berasal dari lingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kab.Bandung sebanyak 72 orang,"ungkapnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Laboratorium Pengkajian Penelitian dan Pengembangan Administrasi Negara (LP3AN), DR.Asep Sumaryana, M.Si, mengatakan, “Melalui seminar ini diharapkan dapat diperoleh data dari masing-masing SKPD mengenai kebutuhan pegawai. Dengan demikian data pegawai ini akan diproyeksikan ke depan beberapa tahun untuk dilakukan recruitment,"katanya.
 
Menurutnya, yang menjadi persoalan adalah dinamika masyarakat saat ini yang makin pesat, sehingga untuk proses penentuan pegawai yang akan direkrut itu harus bertumpu pada beberapa hal. Selain profesionalisme dan  tingkat kecerdasan yang baik,  saat ini hal yang berkaitan dengan integritas pegawai dinilainya masih menjadi persoalan, Dengan integritas yang bagus diharapkan ketika pegawai itu masuk dalam satu unit kerja tidak menempatkan lembaga atau jabatannya itu untuk mengejar kepentingannya sendiri.

“Tetapi dari sisi yang berbeda, tentu saja pemerintahpun berkewajiban untuk mengimbangi prestasi-prestasi yang telah diraih para pegawainya melalui reward atau penghargaan, Namun disamping itu perlu dilakukan punishment (sangsi) sehingga pegawai yang dianggap kurang memiliki integritas bisa lebih meningkatkan lagi  kinerjanya,” jelasnya. FEN
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger