' Berburu Ikan di Ngubek Setu - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Berburu Ikan di Ngubek Setu

Berburu Ikan di Ngubek Setu

Written By dodi on Friday, June 15, 2012 | 5:50 PM

GUBERNUR teragenda dalam data panitia akan hadir. Demikian acara "Ngubek Setu" yang masih inklude dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke 530. Jadwal sejadinya Minggu 24 Juni 2012 berubah, dipercepat menjadi Sabtu 23 Juni 2012. 

Digelar di Situ Gede, Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Penggagasnya tak lain Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Situ Gede. "Acara dilaksanakan lebih awal dari rencana semula," kata Ketua LPM Kelurahan Situ Gede Umar Sanusi, sembari menegaskan percepatan itu sesuai ketersediaan waktu dan permintaan langsung Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

“Pak Gubernur meminta acara ngubek setu dilaksanakan Sabtu, karena pada hari Minggu pak Gubernur ada acara di tempat lain, “ kata Umar Sanusi di Kantor Kelurahan Situ  Gede, Kamis (14/6).

Dikatakan, sesuai jadwal siangnya Guberur hadir di acara ngubek setu, malamnya hadir dalam acara pagelaran wayang golek Asep Sunandar Sunarya di lapangan Situ Gede dalam program Gubernur Saba Lembur. "Bukti dukungan penuh, Gubernur siap memberikan bantuan ikan yang akan ditebar menjelang pelaksanaan acara. Sekitar 2 ton ikan berbagai jenis akan menjadi penghuni baru di Situ Gede," kata Umar.

Sesuai dengan nama kegiatannya "Ngubek Setu" maka ikan yang disumbang oleh GUbernur dalam satu rangkaian acara mengubek atau mengkucal danau, dipastikan panitia akan berlangsung sangat meriah. Soalnya akan ada ratusan masyarakat tidak hanya dari lingkungan Situ Gede, tapi dari daerah-daerah lainnya sekitar Bogor, akan beramai-ramai menangkap ikan di danau.

Mengenai kesiapannya, Umar Sanusi mengatakan, bahwa segala kebutuhan untuk mendukung acara tersebut telah tertata rapi. Terrmasuk tim medis bantuan dari Dinas Kesehatan, dan tim SAR.  “Tim SAR perlu kita siap untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Soalnya lokasi kegiatannya di air," kata dia.

Selain itu, kata Umar, warga situ mulai menyiapkan rakit yang terbuat dari bambu. “Rakit dibuat oleh warga secara bergotong royong untuk para peserta ngubek setu. Sekitar 100 rakit kita butuhkan untuk para penangkap ikan. Rakit yang akan dibuat terbuat dari bambu sepanjang antara 4 sampai 5 meter dengan lebar antara 1 meter hingga 1,5 meter," terang Umar.

Dijelaskan, peserta ngubek setu terbuka untuk umum. Para peserta yang akan ikut berpartisipasi, dipersilakan untuk mendaftarkan diri ke Sekretariat Panitia, di Kantor Kelurahan Situ Gede.

Sedangkan biaya pendaftaran ada dua tiket, yakni tiket seharga  Rp75 ribu untuk paket lomba menangkap ikan dengan menggunakan jala, dan tiket seharga Rp30 ribu untuk menangkap ikan dengan cara ngorobok atau tanpa jala. 

Dalam sejarahnya, ngubek setu beberapa tahun silam kebelakang telah menjadi tradisi warga Situ Gede. “Biasanya kegiatan ini digelar seminggu menjelang puasa. Kali ini kita kaitkan dengan HJB," ujar Umar, yang menegaskan bahwa acara itu akan menjadi pestanya rakyat Bogor. Terlebih kegiatan tersebut merupakan kali pertama dalam memeriahkan HJB. Ke depan direncanakan menjadi agenda tetap wisata Kota Bogor.ALI
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger