' Atasi Sedimentasi, Pemkot Cirebon Buat Kantong Lumpur di 6 Sungai - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Atasi Sedimentasi, Pemkot Cirebon Buat Kantong Lumpur di 6 Sungai

Atasi Sedimentasi, Pemkot Cirebon Buat Kantong Lumpur di 6 Sungai

Written By dodi on Tuesday, June 26, 2012 | 1:41 PM


CIREBON (LJ) - Tingginya sedimentasi sungai-sungai di Kota Cirebon membuat Pemkot berencana membuat kantong-kantong lumpur di enam sungai.Keenam sungai itu adalah Sungai Sukalila, Pane, Sontong, Cipadung, Kesunean dan Kalijaga. Kegiatan pengerukan tersebut dilakukan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi dan Sumber Daya Mineral (DPUPESDM).
Kepala DPUPESDM Wahyo, mengatakan, sedimentasi selama ini menjadi salah satu masalah terbesar yang dihadapi sungai-sungai di Kota Cirebon. “Tingkat sedimentasi di sini tinggi. Penyebabnya terutama karena sampah dan gulma,” ujarnya kemarin.
Selama ini, menurutnya, endapan pada dasar sungai selalu diatasi dengan pengerukan. Padahal, pengerukan saja tidak cukup. Sehingga, diperlukan upaya lain, salah satunya pembuatan kantong lumpur. “Dengan adanya kantong lumpur tersebut, material seperti sampah maupun endapan lainnya akan masuk ke dalam kantong tersebut,” katanya.
Kantong-kantong itu, kata dia, secara berkala akan dikuras dan diangkut kendaraan berat. Karenanya, kantong lumpur tersebut dibuat di sepanjang sungai yang memungkinkan dilintasi kendaraan berat yang secara berkala mengangkut isi kantong tersebut.“Dalam waktu lima tahun ke depan mudah-mudahan kantong-kantong lumpur sudah dibangun di sepanjang sungai,” jelasnya.
Sejauh ini, pihaknya baru bisa melakukan pengerukan terhadap endapan sungai karena kebutuhan biaya untuk membuat kantong sungai tergolong besar.
“Pengerukan dilakukan untuk memperlancar aliran sungai dan pada tahap ini difokuskan di Sungai Sukalila yang kedalamannya hanya sekitat 30 centimeter,” ujar Wahyo.
Untuk pengerukan sungai tersebut, anggaran yang dialokasikan Rp 100juta dari APBD Kota Cirebon. Padahal, kebutuhan untuk ini mencapai miliaran rupiah.
“Selain dilakukan Pemkot, pengerukan juga akan dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung,” tandasnya. ( LIL/ROH/C12)





Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger